pada semester 1
PENGARUH BISNIS
DALAM
KEHIDUPAN
Memenuhi nilai Pengantar Bisnis
Disusun Oleh :
RENALDI AIDIL
1EB11
25210720
Universitas Gunadarma
Depok
2010
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, dengan izin-Nyalah makalah ini dapat diselesaikan.
Makalah yang berjudul Bisnis dan Perdagangan ditulis untuk memenuhi nilai tugas pengantar bisnis.
Dalam penyusunan makalah ini, tidak sedikit hambatan dan kesulitan yang penulis alami, namun berkat dorongan bantuan serta bimbingan dari semua pihak segala hambatan serta kesulitan tersebut dapat teratasi. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1. Ibu Wuri……… selaku dosen pengantar bisnis yang membantu dalam penyusunan makalah ini.
2. Keluarga saya yang telah banyak memberikan bantuan, baik moral maupun material.
3. Teman-teman yang membantu memberikan bantuan berupa informasi.
Semoga karya ilmiah ini, dapat menambah wawasan berpikir penulis dan pembaca. Penulis menyadari dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis menerima saran dan kritik untuk kesempurnaan makalah ini.
Jakarta, Oktober 2010
Penulis,
Renaldi Aidil
ii
DAFTAR ISI
Hlm
Halaman judul…………………………………………………… i
Kata Pengantar…………………………………………………… ii
Daftar Isi…………………………………………………………. iii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang………………………………….. 1
1.2 Rumusan Masalah………………………………. 4
1.3 Tujuan ………………………………………….. 4
1.4 Metode Penelitian……………………………… 4
1.5 Sistematika Penulisan…………………………… 4
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian bisnis………………………………… 5
2.2 Hubungan Bisnis dengan manusia…..................... 8
2.3 Pengaruh bisnis dalam hidup……….....………….. 9
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan……………………………………….. 10
DAFTAR PUSTAKA
iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Semua kegiatan yang mencakup menyediakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendapatkan keuntungan, itulah yang bisa disebut bisnis.Tujuan utama dari bisnis ialah memperoleh keuntungan, mengejar pertumbuhan ekonomi, meningkatkan efisiensi dan melindungi masyarakat. Elemen-elemen yan terdapat dalam sistem bisnis seperti, modal (capital) , material (bahan-bahan) , SDM (sumber daya manusia), dan keterampilan management (management skill). Kegiatan yang biasa dilakukan dalam dunia bisnis seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Ada bermacam-macam bentuk kepemilikan dalam berbisnis, contohnya perusahaan perseorangan, perseroan, koperasi. Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu sedangkan, perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.Koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Kegiatan Bisnis tidak terlapas dengan yang dinamakan perdagngan, karena dengan proses perdagangan , kita sudah menjalankan aktivitas bisnis. Contohnya kita memproduksi barang yang akan kita jual untuk memperoleh keuntungan. Bisnis tidak pernah diam, orang yang berbisnis selalu dinamis, inisiatif, dan kreatif. Itulah sebab mengapa kita harus mempelajari bisnis. Kita perlu mempelajari bisnis karena dunia bisnis sangat mempengaruhi kehidupan semua orang. Semua orang tertarik untuk mengetahui dan terlibat dalam kegiatan bisnis. Kita mengetahui, bagaimana orang dapat memperoleh keuntungan melalui bisnis dan kesejahteraan masyarakat.
Segmentasi bisnis merupakan bagian-bagian kegiatan dalam dunia bisnis yang membantu memperlancar dan akhirnya mengembangkan kegiatan dunia bisnis. Ada 10 segmen yang dikemukakan oleh Dan Steinhaff, yaitu :
1) Produsen Penghasil bahan mentah
Misalnya penghasil bahan mentah dari petani, pengusaha perkebunan, nelayan, pertambangan dan kehutanan.
1
2) Pabrik-pabrik dan industri konstruksi bangunan
Industri yang membangun gedung pabrik, kantor, rumah, jembatan , jalan raya.
3) Perusahaan Angkutan
Angkutan termasuk kunci penting dalam bisnis , sebab tanpa angkutan maka barang tidak dapat diangkut dari satu tempat ke tempat lain. Transportasi meliputi kereta api, kapal laut, dll
4) Perusahaan Bank dan lembaga keuangan
Perusahaan bank memberikan pelayanan keperluan modal , kredit perusahaan jasa penyimpanan.
5) Perusahaan Umum
Jasa dari perusahaan umum dibutuhkan seperti perusahaan minyak yang menyalurkan bensin, oli, perusahaan gas alam listrik, air minum.
6) Sistem distribusi
Sangat penting untuk menjamin barang sampai ke konsumen
7) Perusahaan Komunikasi
Dengan alat komunikasi maka pesan dengan mudah sampai ke tempat yangdituju. Komunikasi dilakukan melalui surat kabar, majalah, Koran, tv, radio, telepon, dll
8) Perusahaan Asuransi
Kegiatan bisnis selalu menghadapi risiko, missal kebakaran, kecelakaan truk, dll. Hal ini dapat diatasi dengan mengansuransikan barang-barang tersebut.
9) Lembaga Pendidikan dan Balai Latihan Keterampilan
10) Kegiatan bisnis tidak bisa dilakukan oleh orang awam, tetapi harus dilakukan oleh orang yang ahli dan terampil di bidangnya. Tenaga yang terampil dan ahli dapat diperoleh melalui Balai Latihan Keterampilan dan dunia pendidikan . Dunia bisnis membutuhkan tenaga ahli seperti konsultan teknik, akuntan, hukum, dokter, pengacara. Penelitian dan Pengembangan
Sangat penting unruk perkembangan masa yang akan datang. Penelitian dilakukan oleh lembaga pemerintah/ melalui perguruan tinggi. Di dunia industri sering digunakan untuk mencari bahan mentah yang baru , perbaikan proses produksi.
Bisnis sangat erat hubungannya dengan perdagangan , hal ini terlihat saat kita melakukan kegiatan perdagangan kita telah menjalankan kegiatan bisnis. Salah satu contohnya, saat kita menawarkan suatu barang ke konsumen dan konsumen tersebut sangat tertarik dan ingin membelinya , maka hal tersebut sudah menggambarkan kegiatan bisnis. Dalam dunia bisnis kita mengetahui apa itu produksi, distribusi, dan konsumsi. Produksi adalah sebuah tindakan atau usaha untuk menghasilkan barang untuk dikonsumsi para konsumen dengan kenginan mendapatkan keuntungan yang tinggi.
2
Distribusi adalah kegiatan yang bertujuan memperluas suatu barang hingga akhirnya sampai pada konsumen. Sedangkan Konsumen adalah orang yang menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk dari suatu perusahaan.
Seni bisnis adalah suatu usaha mencapai hasil yang diinginkan dengan jalan menggunakan kepandaian. Keahlian dalam menjual mungkin ada sejak kecil, bakat dikembangkan dengan intuisipengetahuan dan pengalaman, sehingga dapat melakukan keahlian dengan baik.Bagi setiap orang yang berminat menjadi penjual harus mempelajari di bangku sekolah, perguruan tinggi, teori ini diterapkan melalui latihan kerja, memperoleh pengalaman dan bisa menjadi sukses. Berkomunikasi dalam bisnis sangat penting, komunikasi dapat dilakukan dalam berbagai cara, antara lain :
a. Mencetak bulletin
Diterbitkan teratur, memuat informasi tentang perusahaan, produk baru yang dikerjakan atas berita umum yang bermanfaat untuk masyarakat. Bila orang membaca bulletin ini, maka dia akan ingat ada perusahaan ini.
b. Membuat film dokumenter
Film dokumenter berisi cerita yang menyangkut proses produksi, kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk beritapembangunan
c. Publicity
Mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan. Contoh sejarah berdirinya , ide yang mendorong mengapa perusahaan didirikan, manfaat produksi ini ditinjau dari pembangunan bangsa, keunggulan produk.
d. Promosi
Teknik yang sering digunakan dalam bisnis ialah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan termasuk ke dalamnya, personal selling, advertising, publicity, dan sales promotion.
Sales promotion setiap usaha untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek seperti display, show, demonstrasi, member hadiah, undian.
· Keuntungan dan kelemahan seorang yang terjuan di dunia bisnis, yaitu:
1. Akan memperoleh pendapatan yang cukup tinggi dibanding yang menerima gaji.
2. Memiliki kesempatan yang lebih luas untuk berkembang dibanding pegawai.
3. Rasa bangga akan pekerjaannya, lebih bebasdan tidak selalu bekerja di bawah mandor di pabrik
4. Pribadinya dapat berkembang, banyak dapat ide baru dari hasil interaksi dengan oranglain.
5. Memiliki tanggung jawab yang tinggi
3
· Kelemahan terjun di dunia bisnis, yaitu :
1. Kurang waktu untuk tinggal di rumah, karena penjual bepergian ke luar daerah.
2. Keberhasilan ditentukan pribadi, jika dalam prose pengelolaan salah dan kurang tanggungjawab maka risiko bangkrut lebih besar.
3. Monoton.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan pembahasan sebagai berikut
1. Sejauh mana Anda memahami alasan untuk berbisnis?
2. Sejauh mana Anda mengenal segmentasi dalam dunai bisnis?
3. Komunikasi sangat mempengaruhi bisnis.
4. Apakah hubungan bisnis dengan perdagangan?
1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang dicapai dalam pembuatan makalah ini adalah :
1. Untuk memenuhi nilai tugas pengantar bisnis pada semester 1
2. Untuk lebih memahami alas an kita mempelajari bisnis
1.4Metode Penelitian
Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, yaitumengumpulkan data dan bahan-bahan dan membaca secara detail dari buku-buku yang ada di perpustakaan dan internet.
1.5Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan mencakup :
BAB I ( latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, sistematika penulisan), BAB II (
BAB III ( kesimpulan dan saran ), Daftar pustaka.
4
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN BISNIS.
Mungkin anda sering atau bahkan tidak jarang mendengar kata bisnis atau juga bisnis online,dan secara praktiktentu anda sudah sangat paham tentang esensi bisnis itu sendiri.dalam makalah saya kali ini saya akan mencoba member sedikit penjelasan tentangpengertiaan bisnis secara teori.
Berikut merupakan sumber-sumber yang menerangkan tentang pengertian bisnis.secara harfiyah bisnis berasal dari kata businessàbusyàsibuk.
“sibuk mengerjakan aktifitas pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”.suatu organisasiyang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya(ilmu ekonomi).
Bisinis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas daninstitusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.bisnis sebagi suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat(bussinesis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society)Huat,T Chwee,1990.
Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Dari pendapat di atas dapat di simpulkan bahwa :
Bisnis adalah kegiatan yang di lakukan oleh individu dan sekelompok orang(organisasi)yang menciptakan nilai(create value)melalui penciptaan barang dan jasa(create of good and service)untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Aspek-aspek bisnis;kegiatan individu dan sekelompok penciptaan nilai penciptaan barang dan jasa keuntungan melalui transaksi.sekian informasi singkat tentang pengertian bisnis yang bisa anda ketahui.yang terpenting dalam bisnis bukanlah seberapa dalam anda mengetahui tentang bisnis,namun yang terpenting adalah action yang dapat anda lakukan.terbukti banyak sekali orang sukses yang secara teori,mereka agak kesulitan untuk menjelaskan apa itu pengertian bisnis.tapi ketika praktik mereka bisa menjadi seorang yang pernah di jelaskan dalam bangku kuliah sekali pun.jika penasaran cobalah anda tanya pada orang yang ada di sekelilingmu.
5
2.2 Hubungan bisnis dengan manusia
Bisnis sangat berhubungan dengan manusian karena pelaku bisnis yang memajukan perkembangan bisnis dan menjadi kegiatan manusia.manusia selalu ingin berbisnis bagaimana pun rintangan akan di tempuh untuk berbisnis.
2.3 Pengaruh bisnis dalam hidup
dalam hal ini pengaruh yang dapat timbul akibat kegiatan bisnis dalam hidup sangat banyak antara lain;
a.)timbulnya interaksi antara dua orang atau lebih yang dapat menghasilkan keuntungan.
b.)menghasilkan sesuatu berupa barang atau jasa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
c.)dapat memenuhi kebutuhan hidup.
BAB 3
PENUTUP
Kesimpulan:
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi. Alasan seseorang mengenal dunia bisnis dan mempelajarinya karena bisnis sangat mempengaruhi kehidupan manusia.
minta daftar pustakanya dong!!!
BalasHapus